Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Magnesium

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Kalsium
Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Kalsium
17/05/2017
Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Terdiagnosa Penyakit Kanker?
03/08/2017

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Magnesium akan saya jelaskan tuntas dan mendetail pada artikel kali ini.  Magnesium adalah salah satu mineral terpenting yang perlu dicukupi kebutuhannya setiap hari, namun seringkali terabaikan karena masih ada begitu banyak orang di luar sana yang tidak memahami tentang magnesium.

Magnesium berpasangan dengan kalsium untuk melakukan banyak sekali fungsi-fungsi kesehatan pada tubuh kita.  Tanpa magnesium, kalsium tidak bisa terserap dengan baik dalam tubuh manusia.  Magnesium juga mengatur dan menyeimbangkan kadar kalsium, potasium (kalium) dan sodium pada tubuh.  Magnesium bertanggung jawab atas lebih dari 300 macam proses bio-kimia yang terjadi setiap saat pada tubuh kita.

Glutathione, salah satu antioksidan alami (zat penghancur/pencegah kanker) yang dimiliki tubuh kita, memerlukan magnesium untuk bisa dihasilkan.  Dengan kata lain, tanpa cukup magnesium maka glutathione tidak bisa diproduksi (dan itu artinya tubuh kita akan menjadi sangat rentan terhadap serangan-serangan karsinogen, yakni zat-zat penyebab kanker).

Kekurangan (Defisiensi) Magnesium

Sekitar 80% dari seluruh populasi manusia di dunia diperkirakan mengalami defisiensi magnesium.  Oleh karena itu, sangat besar kemungkinannya Anda dan saya untuk mengalami kekurangan magnesium.  Mengapa begitu?

Berikut beberapa alasan/penjelasan mengapa begitu banyak orang yang mengalami masalah kekurangan magnesium:

  • Kondisi tanah yang sudah mengalami kekurangan mineral akibat panen yang berlebihan.  Banyak pertanian/perkebunan yang secara terus menerus menanam dan memanen hasil pertanian/perkebunan mereka, tanpa membiarkan tanah yang mereka gunakan untuk “beristirahat” dan atau memulihkan kadar mineral yang seharusnya terkandung pada tanah tersebut.  Dengan demikian, tanaman yang ditanam pun secara tidak langsung juga akan mengalami kekurangan mineral, salah satunya yakni magnesium.  Tentu kalau tanaman tersebut kekurangan magnesium, ketika kita konsumsi pun kita juga akan mengalami kekurangan magnesium
  • Sindrom “leaky gut”, atau penyakit kebocoran perut/kebocoran usus/kebocoran sistem pencernaan.  Secara sederhana, “leaky gut” ini menjadikan sistem pencernaan kita kurang mampu (atau berkurang kemampuannya) dalam menyerap nutrisi-nutrisi dari makanan yang kita makan, antara lain mineral-mineral yang terkandung pada makanan (dan salah satu dari mineral-mineral yang dimaksud disini tentunya adalah magnesium).
  • Obat-obatan dari penyakit kronis yang diderita.  Jika Anda menderita suatu penyakit kronis (misalnya saja sakit maag tahunan), maka obat yang Anda konsumsi cepat atau lambat akan memperburuk kemampuan sistem pencernaan Anda.  Dan seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, sistem pencernaan yang kurang baik tidak akan mampu menyerap mineral-mineral dari makanan/minuman yang kita konsumsi dengan baik pula.  Hindari 12 makanan berbahaya agar pencernaan Anda bisa sehat dan optimal dalam penyerapan berbagai nutrisi.

Hanya sekitar 1% dari seluruh magnesium yang terdapat pada tubuh kita yang ada dalam darah, oleh karena itu jika Anda melakukan tes darah untuk mengetahui seberapa banyak kadar magnesium yang Anda miliki hasilnya tidak akan akurat.

Lantas, bagaimana Anda dan saya bisa mengetahui apakah kita benar-benar mengalami kekurangan (defisiensi) magnesium?

Berikut beberapa hal yang bisa Anda alami ketika kekurangan (defisiensi) magnesium.

Gejala Kekurangan (Defisiensi) Magnesium

  1. Kram Kaki
    • Magnesium adalah mineral “relaksasi”.  Jika tubuh kita kekurangan magnesium, maka otot-otot pada tubuh kita akan cenderung kencang dan kaku, bahkan mengalami kram (bisa berkontraksi namun tidak mampu untuk relaksasi kembali).  Otot kaki termasuk salah satu jaringan otot besar pada tubuh kita, dan oleh karena nya amat peka untuk mengalami kram kaki jika tubuh mengalami kekurangan magnesium.
  2. Insomnia
    • Sama seperti penjelasan tersebut diatas.  Jika keseluruhan otot pada tubuh Anda merasa tidak nyaman/pegal-pegal atau bahkan sakit disana sini, tentu Anda akan mengalami kesulitan untuk bisa jatuh tertidur di malam hari.  Setelah tertidur beberapa saat, Anda mungkin akan terbangun kembali karena pada dasarnya tubuh Anda tidak bisa “relaksasi”.
  3. Sakit/Kram Otot
    • Ini juga sama seperti penjelasan mengenai kram kaki diatas.  Jika Anda sering mengalami sakit/pegal-pegal/kram pada berbagai otot tubuh Anda tanpa sebab yang jelas, besar kemungkinan hal ini disebabkan karena tubuh Anda mengalami kekurangan magnesium.
  4. Gelisah
    • Ini juga sama seperti penjelasan tentang insomnia diatas.  Bedanya, kegelisahan terjadi ketika Anda bangun dan tersadar, bukan ketika Anda berusaha untuk tertidur.  Seluruh tubuh Anda – terutama jaringan-jaringan otot Anda – akan selalu dalam kondisi “menegang” (kontraksi), menjadikan Anda senantiasa tidak merasa rileks/nyaman.  Hal ini secara psikologis akan menjadikan Anda “kaku” dan terus menerus merasa gelisah.
  5. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
    • Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak selalu disebabkan oleh karena plak atau endapan kalsium dan atau endapan lemak trans pada pembuluh darah.  Seringkali tekanan darah tinggi terjadi hanya karena Anda mengalami kekurangan magnesium, karena otot-otot pada pembuluh darah arteri Anda terus menerus menegang/kontraksi tanpa bisa relaksasi.  Hal ini lah yang menjadikan tekanan darah Anda menjadi tinggi/meningkat.  Untuk penjelasan lebih jelasnya, Anda bisa baca keterkaitan antara magnesium dan kalsium dengan tekanan darah tinggi disini.
  6. Mudah Lelah
    • Kekurangan magnesium akan membuat seluruh jaringan otot-otot tubuh Anda tidak mampu (atau kehilangan kemampuannya) untuk bisa relaksasi.  Singkatnya, otot Anda mampu untuk kontraksi (menegang) namun tidak bisa untuk relaksasi.  Tentu jika otot Anda dalam kondisi kontraksi terus menerus, ini akan “membakar” energi terus menerus juga.  Inilah yang Anda rasakan sebagai rasa lelah terus menerus atau mudah lelah, juga yang Anda rasakan sebagai “lemah otot” atau fibromyalgia.
  7. Sakit Kepala/Migrain Berkepanjangan
    • Yang harus Anda ingat adalah jaringan otot pada tubuh kita bukan hanya jaringan otot besar saja, namun juga ada jaringan otot halus/otot kecil.  Pada wajah dan kepala kita, terdapat banyak sekali otot-otot halus/kecil seperti ini.  Nah, jika otot-otot halus ini kesemuanya hanya bisa kontraksi saja tanpa bisa relaksasi kembali, yang akan kita rasakan adalah kepala yang kaku/tegang terus menerus.  Inilah yang menyebabkan sakit kepala atau bahkan migren yang seperti tiada hentinya.
  8. Osteoporosis/Tulang Mudah Patah/Retak
    • Magnesium adalah salah satu mineral yang mengatur penyerapan kalsium pada tulang.  Tanpa magnesium yang cukup, maka tulang kita tidak bisa menyerap berbagai mineral yang diperlukannya untuk bisa menjadi padat dan keras.  Tentu jika tulang kita tidak bisa menyerap kalsium dan mineral-mineral lainnya (karena kekurangan magnesium), lama kelamaan kondisi tulang kita akan semakin keropos.  Kondisi inilah yang kita kenal sebagai osteoporosis, atau tulang yang kepadatannya kurang sehingga terlihat seperti banyak berpori-pori.  Tulang yang keropos adalah tulang yang amat rentan, mudah untuk mengalami patah tulang atau retak.

Sumber Makanan Terbaik untuk Magnesium

Magnesium banyak terdapat pada sayur-sayuran hijau, alpukat, pisang, melon, kacang-kacangan dan biji-bijian.  Secara umum, jika makanan tersebut mengandung serat (fiber), biasanya juga akan memiliki kandungan magnesium.

Berikut daftar makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi:

  1. Bayam; 1 gelas yang sudah dimasak mengandung sekitar 157 mg magnesium
  2. Buncis Hitam; 1 gelas yang sudah dimasak mengandung sekitar 120 mg magnesium
  3. Kacang Almond; 1/4 gelas mengandung sekitar 97 mg magnesium
  4. Kacang Mete/Kacang Mede; 1/4 gelas mengandung sekitar 91 mg magnesium
  5. Kentang (yang berukuran besar); 1 buah mengandung sekitar 85 mg magnesium
  6. Biji pumpkin (pumpkin seeds); 1/4 gelas mengandung sekitar 42 mg magnesium
  7. Alpukat; 1 buah mengandung sekitar 39 mg magnesium
  8. Pisang; 1 buah mengandung sekitar 37 mg magnesium
  9. Brokoli; 1 gelas yang sudah dimasak mengandung sekitar 32 mg magnesium

Kebutuhan Magnesium Harian

Untuk pria dewasa, kebutuhan magnesium hariannya sekitar 400 mg.

Untuk wanita dewasa, kebutuhan magnesium hariannya sekitar 320 mg.

Secara lebih mendetil, berikut kebutuhan magnesium harian berdasarkan usia/jenis kelamin:

  • Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan: 30 mg
  • 7–12 bulan: 75 mg
  • 1–3 tahun: 80 mg
  • 4–8 tahun: 130 mg
  • 9–13 tahun: 240 mg
  • 14–18 tahun: 410 mg untuk pria; 360 mg untuk wanita
  • 19–30 tahun: 400 mg untuk pria; 310 mg untuk wanita
  • Dewasa diatas 31 tahun: 420 mg untuk pria; 320 mg untuk wanita
  • Wanita hamil: 350-360 mg
  • Wanita menyusui: 310-320 mg

Jenis-Jenis Supplemen Magnesium

Tidak semua jenis supplemen magnesium itu sama.  Ada yang memiliki tingkat penyerapan tinggi ke dalam tubuh kita, ada yang penyerapannya tidak terlalu tinggi.

Ketika Anda memilih mana supplemen magnesium yang cocok untuk Anda, perhatikan apakah magnesium nya termasuk salah satu dari beberapa bentuk berikut ini:

  1. Magnesium Chelate – yakni magnesium yang terikat dengan beberapa asam amino.  Bentuk ini lah yang paling alami, yakni bentuk yang seringkali terdapat pada makanan yang kita konsumsi.
  2. Magnesium Citrate – magnesium sitrat, yakni magnesium yang terikat dengan asam sitrat, magnesium ini memiliki sifat laksatif dan sering digunakan untuk masalah konstipasi.
  3. Magnesium Glycinate – magnesium glisinat, yakni magnesium “buatan” yang mirip sekali dengan magnesium chelate diatas.  Sangat bagus dan direkomendasikan untuk Anda yang ingin memperbaiki kondisi defisiensi magnesium Anda.
  4. Magnesium Threonate – magnesium treonat, yakni jenis magnesium paling mutakhir saat ini.  Magnesium ini bahkan bisa menembus hingga ke mitokondria sel, dan ini menjadikannya sebagai jenis magnesium terbaik saat ini.
  5. Magnesium Chloride Oil – magnesium dalam bentuk minyak.  Sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak bisa memenuhi kebutuhan magnesium secara oral (diminum atau dimakan), karena cara penggunaan magnesium jenis ini adalah dengan dioleskan ke kulit.

Manfaat dan Kegunaan Magnesium

Pada dasarnya jika seseorang mengalami kekurangan (defisiensi) magnesium, maka orang tersebut akan mengalami salah satu atau beberapa gejala kekurangan magnesium seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya.  Sebaliknya, jika tubuh kita mendapatkan asupan magnesium yang cukup setiap hari (sekitar 400mg per hari untuk orang dewasa), maka kebalikan dari gejala-gejala kekurangan magnesium lah yang akan kita alami.

Namun untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat terpenting jika tubuh mendapatkan cukup asupan magnesium setiap hari nya:

  1. Membantu untuk meningkatkan energi – “pabrik” energi pada tubuh kita ada pada mitokondria yang terdapat di sel-sel tubuh.  Mitokondria menggunakan bahan bakar yang kita kenal sebagai ATP (Adenosine-Tri-Phosphate).  Agar supaya mitokondria bisa “membakar” ATP ini untuk diubah menjadi energi, mitokondria membutuhkan banyak hal dan salah satu nya adalah magnesium.
  2. Menenangkan saraf dan menghilangkan kegelisahan – seperti yang sudah dijelaskan pada bagian gejala kekurangan magnesium, magnesium sangat penting bagi otot untuk bisa relaksasi.  Namun lebih dari sekedar untuk relaksasi otot, magnesium juga dibutuhkan untuk “relaksasi” berbagai fungsi hormon.  Hormon penenang dan rasa nyaman seperti serotonin memerlukan magnesium agar supaya bisa diproduksi/dihasilkan.
  3. Menyembuhkan insomnia (susah tidur) – tubuh yang mendapatkan asupan magnesium yang cukup akan meningkatkan produksi hormon melatonin (hormon “tidur”) sehingga kita akan lebih mudah jatuh tertidur, tertidur lebih lama, dan menurunkan hormon cortisol (hormon “stress”).
  4. Membantu masalah konstipasi (susah buang air besar) – magnesium akan membuat otot-otot disekitar saluran pencernaan (termasuk usus kecil dan usus besar) lebih rileks, sehingga memudahkan makanan untuk bergerak pada saluran pencernaan.
  5. Membantu menghilangkan sakit dan kejang otot – seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, magnesium adalah mineral “relaksasi”.  Dengan asupan magnesium yang cukup setiap hari nya, otot-otot pada tubuh kita akan lebih mudah untuk relaksasi.  Penyebab utama mengapa otot tubuh kita mengalami sakit, pegal-pegal atau bahkan mengalami kejang dan kram adalah karena otot tersebut tidak bisa atau tidak dibiarkan untuk relaksasi.
  6. Mengatur kadar kalsium, potasium (kalium) dan fosfor pada tubuh – mineral-mineral dalam tubuh kita bersifat saling menyeimbangkan satu sama lain.  Jika yang satu berlebihan, yang lain akan menurunkan/menyeimbangkan.  Itulah yang terjadi antara magnesium, kalsium, potasium (kalium) dan fosfor.
  7. Sangat penting untuk kesehatan jantung – jantung kita sebenarnya adalah sebuah otot yang besar, yang bekerja non-stop.  Oleh karena itu, jantung perlu keseimbangan antara bekerja (berkontraksi atau memompa darah) dan relaksasi.  Porsi terbesar magnesium pada seluruh tubuh kita ada pada jantung, ini menandakan bahwa magnesium memang sangat diperlukan oleh jantung.  Tanpa adanya cukup magnesium pada jantung, maka jantung – sama seperti otot-otot tubuh kita yang lain – akan mengalami sakit, pegal-pegal, atau bahkan kejang dan kram (yang kita kenal dengan sebutan serangan jantung).
  8. Mencegah atau memperbaiki gejala migren dan tekanan darah tinggi – migrain atau migren (sakit kepala yang amat sangat) seringkali berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.  Tekanan darah yang terlampau tinggi akan meningkatkan tekanan di seluruh tubuh kita, termasuk di kepala.  Tekanan berlebih di kepala ini lah yang kita rasakan sebagai sakit kepala atau migren tadi.  Penjelasan lengkap mengenai bagaimana kalsium dan magnesium bekerjasama untuk mengatur tekanan darah bisa Anda baca pada artikel saya mengenai kalsium.
  9. Sangat diperlukan untuk kesehatan tulang – salah satu masalah tulang yang menjadi momok bagi banyak orang – terutama wanita menopause – adalah osteoporosis, atau tulang keropos.  Walau memang kalsium berperan penting dalam membuat struktur tulang menjadi kuat dan padat, seringkali magnesium terlupakan untuk masalah kesehatan tulang.  Magnesium justru menjadi mineral penentu untuk masalah kesehatan tulang dan osteoporosis, karena magnesium lah yang bertanggung jawab agar mineral-mineral seperti kalsium, zinc, mangan dan lain-lain bisa terserap dengan baik ke dalam tulang.

Demikianlah penjelasan saya mengenai Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Magnesium, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Postingan Terkait

Suka dengan postingan ini? Share ke teman-teman Anda!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar/Pertanyaan Saya:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!