Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Terdiagnosa Penyakit Kanker?

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Magnesium
Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat dan Kegunaan Magnesium
23/05/2017
Sakit Kanker Bukanlah Vonis Mati!
04/08/2017

pasien kankerApa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Terdiagnosa Penyakit Kanker mungkin menjadi pertanyaan yang amat penting dan mendasar, dan pada artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan atas pertanyaan tersebut.  Langkah-langkah serta keputusan yang harus Anda ambil setelah di diagnosa atau di vonis terkena sakit kanker amat sangat penting, jadi harap untuk simak baik-baik apa yang akan saya jelaskan pada artikel ini.  Jika Anda bukan pasien kanker namun salah satu rekan/teman/anggota keluarga Anda ada yang baru saja di vonis sakit kanker, penjelasan dalam artikel ini akan sangat membantu untuk memberikan dukungan kepada rekan/teman/anggota keluarga Anda tersebut.

Berikut beberapa hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan setelah terdiagnosa dengan penyakit kanker:

BERHENTI UNTUK MEMBERI MAKAN SEL KANKER NYA

Hal pertama dan terutama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah melakukan pantangan-pantangan.  Sel-sel kanker tidak terjadi dalam semalam.  Dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun agar sel-sel kanker bertumbuh dan bertambah banyak.  Sel-sel kanker yang sudah berjumlah sangat banyak dan membentuk jaringan disebut sebagai tumor.

Pada dasarnya setiap orang di dunia modern saat ini memiliki sel kanker (ya betul, semua orang, bukan hanya Anda saja).  Mengapa demikian?

Dunia modern saat ini dipenuhi dengan racun-racun dan toksin-toksin.  Kemana pun Anda pergi, Anda hampir akan selalu menemui produk-produk dengan pengawet, bahan pewarna, bahan-bahan kimia, dan lain-lain.

Baca artikel saya mengenai 12 macam makanan yang harus Anda hindari untuk mengetahui lebih detil nya.

Ada banyak sekali bahan penyebab kanker (yang seringkali kita sebut dengan istilah karsinogen), antara lain:

  • Lemak Trans, atau minyak yang dipanaskan/digunakan untuk menggoreng.  Sering makan makanan yang digoreng adalah salah satu sumber penyakit kronis utama saat ini, termasuk kanker.
  • Microwave.  Makanan atau minuman yang Anda panaskan menggunakan microwave menghasilkan makanan/minuman dengan nilai nutrisi nol, atau dengan kata lain tidak ada nilai nutrisi nya sama sekali.  Bahkan lebih parah dari itu, makanan/minuman tersebut sudah berubah menjadi racun (toksik).  Hal ini mungkin masih menjadi perdebatan, apakah penggunaan microwave aman atau tidak.  Jika Anda sudah positif didiagnosa berpenyakit kanker, jangan ambil resiko.  Hentikan penggunaan microwave sama sekali.
  • Minum atau makan dari kemasan plastik.  Makanan/minuman yang berada dalam kemasan plastik, jika plastik nya terkena panas (baik dari makanan/minuman itu sendiri maupun terkena panas matahari) akan menimbulkan reaksi kimia.  Zat BPA dari plastik akan bercampur ke makanan/minuman tersebut dan zat BPA ini bersifat karsinogenik (penyebab kanker).
  • Minuman bersoda.  Apapun jenis dan merk minuman soda yang Anda konsumsi (termasuk diet coke) amat sangat tinggi gula serta mengandung bahan-bahan lain yang bersifat karsinogenik.
  • Makan/minum apapun yang tinggi kandungan gula nya.  Sel-sel kanker bertumbuh jika Anda mensuplai gula kepada sel-sel kanker tersebut.  Sebaliknya, jika Anda berhenti untuk mengkonsumsi gula, maka sel-sel kanker pun akan kelaparan dan perlahan (namun pasti) akan mati.

Dan masih banyak lagi (lebih detail akan dibahas pada artikel-artikel saya selanjutnya).

Jadi langkah awal penting yang harus Anda lakukan setelah di diagnosa sakit kanker adalah berhenti untuk mengkonsumsi/menggunakan hal-hal yang bersifat penyebab kanker (karsinogenik).

Perhatikan video berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut:

OPERASI, KEMOTERAPI DAN RADIASI BUKAN JAWABAN NYA

Dokter Anda tidak pernah berniat buruk kepada Anda.  Mereka akan selalu bersimpati dan berusaha untuk membantu Anda.  Namun demikian, mereka telah dilatih dan diajar untuk melakukan standar berikut ketika menghadapi pasien kanker (yaitu Anda) yakni:

Operasi

Kemoterapi

Radiasi

Tidak peduli apapun jenis kanker yang Anda derita, stadium berapa kanker Anda atau jenis apa tumor Anda (ganas atau jinak), dokter akan selalu menyarankan salah satu atau beberapa tindakan medis tersebut diatas.

Mereka (dokter-dokter) juga (hampir selalu) akan menyarankan untuk melakukan tindakan-tindakan medis tersebut segera, sekarang juga, karena mereka khawatir Anda tidak memiliki waktu lebih lama lagi.  Apalagi jika Anda dinyatakan terkena kanker stadium III atau IV, yang mana kemungkinan waktu hidup Anda hanya tinggal beberapa minggu saja.

Banyak riset dan studi (serta kesaksian pasien-pasien kanker) sudah membuktikan bahwa jika Anda menderita kanker stadium IV dan sudah metastasis (kanker nya sudah menyebar ke berbagai organ tubuh lainnya) – jika Anda tidak melakukan apa-apa (tidak melakukan operasi, kemoterapi atau radiasi) Anda masih bisa bertahan hidup bahkan hingga berbulan-bulan lama nya (bahkan ada beberapa kasus dimana sang pasien bisa bertahan hidup hingga bertahun-tahun!)

Melakukan tindakan operasi/kemoterapi/radiasi justru malah akan memperburuk keadaan hidup Anda.  Kualitas hidup Anda akan turun drastis, Anda akan sangat menderita ketika berhadapan dengan kanker – yang mana Anda tidak harus Anda jalani dengan cara demikian.

Ada banyak cara lain yang bisa Anda tempuh, sebagaimana akan saya jelaskan dalam berbagai artikel berikutnya nanti.

Namun untuk sekarang, penting untuk Anda catat dan ingat baik-baik bahwa tindakan operasi, kemoterapi maupun radiasi untuk pengobatan kanker bukanlah jawabannya.

JANGAN STRESS/DEPRESI

Selain berbagai macam zat karsinogen yang sudah dijelaskan diatas, faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam pembentukan sel-sel kanker adalah tingkat stress/depresi Anda.

Riset sudah membuktikan bahwa kondisi emosional seseorang (tingkat stress Anda dan saya) memainkan peranan yang sangat signifikan dalam kondisi kesehatan fisik kita.

Lebih dari 70% penyakit-penyakit yang ada atau timbul dan diderita seseorang disebabkan oleh karena tingkat stress yang tinggi.  Dengan kata lain, jika Anda stress maka Anda akan sangat rentan sekali untuk terkena berbagai macam penyakit.  Sebaliknya, jika tingkat stress Anda rendah, maka Anda akan memiliki tingkat kesehatan yang baik pula.

Mungkin Anda bertanya-tanya: mengapa si A yang memiliki kebiasaan yang sama dengan Anda, atau mengkonsumsi makanan yang sama, atau memiliki pola hidup/gaya hidup yang sama dengan Anda, tidak terkena kanker sedangkan Anda yang terkena kanker?

Pertama, coba perhatikan tingkat stress Anda dengan si A tersebut.  Mungkin tingkat stress Anda lebih tinggi daripada si A.

Kedua, mungkin baik Anda maupun si A memiliki tingkat stress yang kurang lebih sama.  Namun si A mungkin lebih cakap dalam mengatur tingkat stress nya.  Mungkin si A lebih banyak penerimaan, dia bisa lebih menerima berbagai kenyataan hidup yang tidak mengenakkan ketimbang Anda (dan oleh karenanya menjadi tidak terlalu stress karenanya).  Atau mungkin si A melakukan hal-hal untuk mengurangi stress nya seperti banyak tertawa, latihan Yoga, traveling, lari pagi dan lain-lain.

Jangan pernah remehkan tingkat stress.

Pada berbagai artikel saya yang lainnya nanti, akan saya bahas berbagai tips dan trik agar kita bisa mengurangi (atau setidaknya mengatur) tingkat stress kita.

Untuk sekarang, penting bagi Anda untuk tidak stress, jangan panik, jangan takut dan khawatir dan jangan depresi/frustrasi.  Vonis sakit kanker BUKAN akhir dari segalanya.  Terimalah keadaan Anda sekarang, pasrah kepadaNYA, yakinlah bahwa Anda bisa sembuh dari kanker (sebagaimana saya sangat yakin Anda bisa sembuh dari penyakit ini).

ADA BANYAK OBAT ANTI KANKER DI LUAR SANA

Kabar baiknya, ada banyak sekali obat anti kanker di luar sana.

Mulai dari obat-obat tradisional yang relatif murah, hingga obat-obat yang mungkin akan sedikit menguras kantong Anda.  Kesemuanya nanti satu persatu akan saya jelaskan mendetil dalam artikel-artikel saya yang selanjutnya.

Hati-hati ketika Anda akan menjalani suatu metode pengobatan dan atau mengkonsumsi obat kanker tertentu.  Perhatikan apakah metode pengobatan tersebut atau obat yang akan dikonsumsi sudah didukung oleh hasil riset yang benar atau tidak.  Karena pada saat ini banyak sekali informasi-informasi seputar anti kanker baik di media sosial maupun pesan-pesan berantai di aplikasi chatting yang sulit untuk dibuktikan kebenarannya.

Catatan:  saya “terpaksa” harus memisah-misahkan penjelasan-penjelasan saya seperti ini, karena kalau tidak artikel ini akan menjadi terlalu panjang dan membosankan.  Bukan hanya itu saja, Anda sebagai pasien kanker perlu mendapatkan informasi dan edukasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya tentang kanker.  Oleh karena itu, menurut hemat saya, lebih baik penjelasannya dipisah-pisah agar Anda lebih mudah untuk mencerna kesemuanya.  Saya harap Anda bisa memaklumi hal ini.

Untuk sekarang, amat sangat penting bagi Anda untuk memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh Anda.

Jika memungkinkan, Anda akan memerlukan beberapa hal berikut:

  1. juicerAlat juicer atau blender.  Alat ini tidak perlu mahal atau canggih, yang penting bisa digunakan untuk membuat jus.
  2. crock potAlat slow cooker (crock pot), alias alat untuk memasak secara perlahan.  Jika tidak ada atau oleh karena satu hal tidak bisa didapatkan, gunakan penanak nasi biasa untuk mengukus (steam) masakan-masakan Anda nantinya.

Mulai dari saat ini hingga nanti Anda dinyatakan sembuh dari kanker, lakukan hal-hal berikut ini setiap hari nya:

  1. Dapatkan sinar matahari pagi setiap hari.  Berjemur atau sekedar jalan-jalan pagi.  Lebih bagus lagi kalau Anda sambil berolahraga pagi atau lari pagi.  Sinar matahari pagi antara jam 6 hingga 9 pagi adalah yang terbaik untuk Anda, karena disaat itulah produksi vitamin D tubuh Anda tertinggi (jika tubuh Anda terkena sinar matahari pagi).
  2. Buat jus setiap hari, bahkan setiap saat.  Anda boleh jus berbagai buah-buahan atau sayur-sayuran hijau.  Baik buah maupun sayuran hijau boleh Anda campur untuk menciptakan rasa yang enak.  Ada banyak resep jus buah dan sayur di luar sana – cobalah.  Jika Anda lapar atau haus, minumlah jus yang sudah Anda buat ini.
  3. Buang jauh-jauh semua makanan yang digoreng atau dibakar/dipanggang.  Mulai dari saat ini hingga Anda sembuh nantinya, apapun dan semua yang Anda makan hanya boleh berupa rebusan atau dikukus (steam).  Jika Anda punya slow cooker (crock pot), cobalah beberapa resep masakan dengan slow cooking.  Masakan-masakan ini bukan hanya lezat, namun amat sangat bergizi.  Jika masakan-masakan ini ada kuahnya, kuahnya jangan dibuang.  Anda harus meminum kuahnya, karena nutrisi masakan-masakan Anda tersebut ada pada kuahnya.

Sekian dulu penjelasan saya tentang Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Terdiagnosa Penyakit Kanker kali ini.  Seperti yang sudah saya janjikan diatas, saya akan memposting banyak sekali artikel-artikel lanjutan untuk menjelaskan lebih lanjut bagaimana Anda bisa sembuh dan mengalahkan penyakit kanker.  Saya harap setelah membaca penjelasan-penjelasan tersebut diatas, kini sedikit banyak Anda sudah cukup jelas tentang Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Terdiagnosa Penyakit Kanker.

Postingan Terkait

Suka dengan postingan ini? Share ke teman-teman Anda!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar/Pertanyaan Saya:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!